Jumat, 17 Juni 2016

Faktor-faktor Penyebab Anak Mengalami Kesulitan Belajar



Dalam proses belajar, terkadang anak mengalami kesulitan belajar yang dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya, faktor biologis, faktor psikologis berkaitan dengan kurang berfungsinya, susunan syaraf, ataupun bagian-bagian tubuh lain.

  • Faktor social, berkaitan dengan keadaan social orang tua si anak. Keadaan social orang tua sangat berpengaruh terhadap proses belajar dan kecerdasan anak sebagaimana ada yang mengatakan bahwa, sekolah adalah cermin masyarakat dan anak adalah gambaran orang tuanya.

  • Faktor kejiwaan yang merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar anak, ini berkaitan dengan kurang mendukungnya perasaan hati (emosi) anak yang bersangkutan untuk belajar secara sungguh-sungguh.

  • Faktor intelektual, yang menjadi penyebab kesulitan belajar anak ini, berkaitan dengan kurang sempurna atau kurang normalnya tingkat kecerdasan anak. Dalam hal ini orang tua harus meyakini bahwa setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yanh berbeda ada anak sulit untuk menghafal sesuatu, ada yang sangat lamban menguasai materi tertentu,ada yang memiliki pengetahuan prasyarat, da nada juga yang sulit membayangkan dan bernalar hal-hal yang disebutkan tadi dapat menjadi faktor penyebab kesulitan belajar pada diri anak.

  • Faktor pendidikan, yang menjadi penyebab kesulitan belajar anak ini, berkaitan dengan belum mantapnya lembaga pendidikan secara umum. Guru yang selalu meremehkan siswa, guru yang tidak bias memotivasi siswa untuk belajar lebih giat, guru yang membiarkan siswanya melakukan hal-hal yang salah, guru yang tidak pernah memeriksa pekerjaan siswa, dan sekolah yang membiarkan siswa bolos tanpa ada sanksi tertentu adalah contoh faktor-faktor penyebab kesultan dan pada akhirnya akan menyebabkan ketidakberhasilan siswa tersebut.
Maka dari itu, peran guru dan orang tua juga sangat diperlukan pada saat anak mengalami kesulitan belajar. Untuk memulihkan semangat belajar anak, orang tua dapat melakukan tindakan yang dilakukan oleh seorang guru. Yaitu dengan cara mengidentifikasi dan mencari penyebab yang menjadikan semangat belajar anak menurun. Setelah masalah dan penyebab semangat belajar anak teridentifikasi tindakan selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu menyelesaikan dengan cara mencari jalan keluar masalah tersebut.

 Baca juga :

Manfaat Les Private/ Bimbingan Belajar Bagi Anak
Orang Tua sebagai Pendidikan Utama
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

LES PRIVATE GARUT~ GURU DATANG KE RUMAH Template by Ipietoon Cute Blog Design